http://www.iconarchive.com/download/artdesigner/gentle-romantic/rose.ico PEDE AJA LAGI: Mempertahankan Blog Lama, Kenapa Gak?

Kamis, 05 November 2015

Mempertahankan Blog Lama, Kenapa Gak?

Source:semuakumpulanhumor.blogspot.com
Mempertahankan Blog Lama, Kenapa Gak? Aku serius dengan judul postingan di atas. Semula aku sudah mantap akan men-delete saja blog yang sudah lama gak pernah aku hampiri, aku elus, aku poles, dan aku berikan perhatian a.k.a. aku "anak-tirikan." Kenapa sampai terjadi yang seperti itu? Sadarkah aku bahwa dengan niat menghapusnya aku akan menghilangkan jejak awal di mana aku mulai berkenalan dengan dunia maya? Mulai belajar tak-tik-tuk melatih jemariku di atas keyboard komputer? Sungguh terharu, oops, maksudnya, sungguh terlalu! Pikiran yang datang sejak lama karena keputus-asaan. tidak bisa teratur membagi waktu mengurus beberapa blog.


Bukan hal yang mudah, memang, memberikan perhatian kepada beberapa blog, sedangkan aku adalah seorang Pemula. Mana bisa?? Yang ada pusing cari ide, hiks, hiks.. Tanpa banyak pertimbangan akhirnya aku putuskan, aku hapus saja blog-blog ini. Akhirnya benar aku hapus beberapa blog, termasuk blog yang berjudul Pede Aja Lagi ini.
Sumber Gbr: log.viva.co.id
Namun, seiring berjalannya waktu, juga berkat seringnya aku menjalankan praktek networking, berdiskusi dengan beberapa blogger yang kelihaiannya dalam dunia perbloggingan tidak diragukan lagi, I've changed my mind -- Aku tidak akan menghapus blog-blog yang telah aku bangun! Tak peduli dalam petualangannya nanti akan bisa terisi dengan teratur atau tidak, aku serahkan kepada waktu saja. Prinsip yang tiba-tiba saja menyengat ini berkat aku menjaring beberapa pendapat dari mereka yang lebih lihai dalam dunia perbloggingan. Keputusan mutlak pun terjadi, pagi ini, Kamis, 5 Nopember 2015 jam 10.00 WIB Aku akan mempertahankan blog-ku dan memutuskan untuk mengisinya dengan postingan. Action pun aku lakukan dengan segera. Aku undelete apa yang sudah aku delete. Kan Blogger masih memberikan kesempatan dalam waktu 90 hari. Ini kan, belum berapa lama jadi pasti bisalah di undelete. Aku berhasil mendengar kata hati: Mempertahankan Blog Lama, Kenapa Gak?

Dengan membuka kembali blog yang sudah sekian tahun tak pernah ditengok ini, aku jadi merasa sudah menjadi seorang blogger yang lumayan bisa berkecimpung di dunia maya dengan kualitas yang lumayan. Aku bukan memuji diri sendiri lho, tapi ini adalah sebuah kenyataan yang harus diakui oleh siapa pun yang berkunjung ke blog ini. Coba aja bandingkan blog-ku yang ini dengan dengan blog-ku yang masih rajin aku kunjungi dan aku update halamannya, misalnya blog-ku www.bundayati.com.  Jelaslah blogku yang terakhir ini lebih lumayan dalam hal tampilan atau pun dalam bobot postingan. Lho? Ya, iyalah, masa sih sudah sekian tahun tampilan dan isi masih seperti blog yang ini -- tampilan blog yang hampir saja aku delete. Aku jadi merasa bangga, karena dalam kurun waktu yang sekian tahun ada jugalah kemajuan yang aku peroleh dari dunia maya, yaitu kepandaianku yang semakin bertambah, baik dalam hal postingan, networking, atau pun beberapa hal yang sebelumnya aku tidak pernah paham, misalnya saja tentang apa itu SEO (Search Engine Optimation). Sampai sekarang pun aku masih tetap saja menggebu untuk ikut berpartisipasi kalau ada pelatihan tentang SEO ini, hehe...

Jadi, insya Allah, aku akan berusaha semaksimal mungkin mengatur jadwal untuk membenahi blog-ku yang ini. Judulnya aja dengan susah payah aku mencarinya -- Pede Aja Lagi -- Bayangin dengan modal pengetahuan ngeblog yang "super" pas-pas-an aku memberanikan diri mengisinya. Kalau sekarang aku baca kembali isi blog ini, yang baru dihiasi dengan postingan dengan jumlah yang sangat minim -- empat postingan. Ya, 4 postingan dalam kurun waktu hampir lima tahun, huhuhuu...

Aku janji pada diriku sendiri aku tidak akan mengutak-ngatik tampilan template blog ini untuk jangka waktu paling tidak satu tahun. Insya Allah aku masih bisa eksis dalam di dunia maya. Aku punya alasan yang masuk akal (akalnya blogger pemula, hehe...) bahwa mengutak-atik tampilan template untuk mempraktekkan ilmu, bukanlah hal yang bijak, ternyata. Banyak dampak yang ditimbulkan oleh ulahku yang serba curious praktek belajar dari manual. Padahal manual juga kalau aku gak begitu paham tentang sistim internet akan menambah galau dan bingung diri sendiri. Jadi biarlah, seperti ini dulu, sambil aku akan terus belajar tentang apa arti beberapa istilah yang belum aku mengerti. Apa sih, ya? Pokoknya banyaklah, sampe kalau mendengar para pakar bicara niche, RSS, permalink, plug-in dan banyak lagi, aku jadi plangak-plongok, bingung, jadi tambah merasa terpacu untuk mencari tahu dan tanya sama Paman Google, wkwkwkk...

Barangkali saja ada di antara para blogger yang mengalami kegalauan seperti yang aku miliki, yaitu memiliki banyak blog tapi bingung mengisinya. Nah, jangan ragu dan jangan bimbang, biarkan saja blogmu itu sementara merasa kesepian tapi jangan pernah ada niat menghapusnya. Suka-suka gw donk mau diapus apa gak? Ya, kalau pikiran itu masih terselip di hatimu, ya terserah aja keles, tapi pendapatku jangan dihapus, karena itu adalah jejakmu yang tercurah dari hasil pemikiranmu. Biarkan aja dulu, sampai kapan pun. Tapiii...the decission is yours.

Happy blogging.

6 komentar:

  1. Blog pertama aku juga masih ada bunda cuma ya itu lumutan banget..belum tentu sebulan sekali di update. Mo di delete ga tega wecara dari situlah semua berawal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...kita punya masalah yang. sama ya, ternyata. Beda dkit doank, bunda sempet tega, wlp akhirnya nyadar, hehe...kalo gak awal kan gak ada akhir, ya. Makasih kunjungan paginya.

      Hapus
  2. Blogku yang lama juga masih ada Bunda Yati. Gak aku delete. Meskipun ya kotor di sana sini dan lumutan pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sepertinya memang sebaiknya kita pertahankan saja blog lama itu, gak usah dihapus. Makasih kunjungan Nunung ke blog bunda.

      Hapus
  3. Aku punya blog cuma satu aja bingung ngisinya, bunda. Tapi baca postingan bunda, jadi semangat nih. Mudah-mudahan gak sampe lumutan yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, kalau niatnya sudah mantap gpp punya satu blog. Makasih kunjungan Anna ke blog bunda.

      Hapus